Cara Pengiriman Barang Keluar Batam

Batam adalah salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Riau, dan salah satu kota yang diterapkan Free Trade Zone (FTZ) kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas, setelah Bintan dan Karimun. Bebas disini bukan berarti apa-apa bisa masuk Batam ya ☺ tetap ada aturannya. Dikarenakan Batam itu FTZ, maka barang yang ke luar dari wilayah Batam dikenakan pajak (barang yang termasuk PPnBM) salah satunya barang elektronik seperti Handphone. 

Handphone yang ada di Batam harganya jauh lebih murah dari pada di kota lain karena FTZ, dan wilayah Batam yang sangat dekat dengan Negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei. Kemurahan disini hanya bisa dinikmati oleh warganya sendiri gan :)) karena untuk membawa barang ini keluar Batam akan dikenakan PPn (bawa sendiri via pesawat 1/2 free tetapi harus membawa nota dan harus punya npwp ya...).

Kebijakan baru yang diterapkan oleh Bea dan Cukai dalam hal pengiriman barang keluar daerah di haruskan untuk melampirkan nota pembelian toko dan fotokopi NPWP, membuat banyak kritikan dari masyarakat Kota Batam, khususnya yang ingin mengirimkan barang-barang mereka melalui jasa pengiriman barang JNE.

Untuk kalian yang ingin mengirimkan barang elektronik seperti HP, beberapa ekspedisi menerapkan aturan PPnBM dengan hitungan Bea Masuknya 0%,PPN 10%,PPnBM 0% dan PPh 7,5%.jadi totalnya 17,5%(untuk hape aja ) dan yg perlu diingat,yg dikenakan pajak bukan hanya elektronik.

Pasti banyak yang bertanya, kenapa online shop di Batam menerapkan ongkir ke barang yang mereka jual (HP) sebesar Rp 200.000,- kenapa sangat mahal? Saya kasih tau ya, kalau agan-agan kirim HP lewat jalur resmi seperti JNE dan POS malah ongkirnya jauh lebih mahal loh gan dari 200rb....hahaha. Bayangkan harga HP yang agan mau beli itu 10jt coba dikalikan dengan PPnBM (17,5%) wow....
Patokan 200rb itu bukan resmi alias permainan dari orang dalam ekspedisi yang biasanya membutuhkan waktu atau disebut Transit ke kota seperti Pekanbaru dulu, itu kenapa pengiriman HP dari Batam rata-rata butuh waktu 6-7 hari.

115 comments:

thq bro infony,,kebetulan ni aku mau kirim motor ke batam tp khawatir nanti pas keluar batam kena pajak 17,5% pula,,jadi harus ada surat bea cukai dlu y bro,,

This comment has been removed by the author.

Mohon Kepala Bea dan Cukai membaca ini:
Kelengkapan dokumen apa saja yang perlu kami siapkan selaku penjual barang yang akan menjual barang ke luar Batam ( Jakarta). Pada hal kami sudah membayar PPN sesaui ketentuan.
Tapi bagi pihak Bea dan Cukai meminta kami harus memiliki API-U untuk barang yang kami jual, pada hal kami tidak melakukan impor / memasukkan barang tersebut. Seharusnya yang diminta adalah kepada pihak pembeli.
Jadi kesan kami, ada suatu ketidak keseragaman kelengkapan dokumen.
Mohon pihak Bea dan Cukai yang membaca dapat memberikan tanggapan ( Tapi tolong bagi Bea Cukai yang betul betul mengerti tentang hal ini). Terima kasih sebelumnya bagi yang bersedia menjelaskannya.

Ini msh aktif gak ya?
Klo mau kirim hp, buat servis, msh masa garansi, apakah jg mesti byr pajak?

Klo mau bawa mobil dari batam utk keluar daerah dan plat mobil sudah BP dengan akhiran Z... Mohon infonya pak...? terima kasih

This comment has been removed by the author.

Kami bisa bantu kirim HP keluar BATAM gan.. sist.... silahkan KLIK DISINI YAA Untuk info lebih lanjut 081266472462

Ikut menyimak gan...Elzira Express siap terlibat dalam pengiriman hehe

mau kirim barang hubungi kami aja
pt, nayaka express transportindo
kirim motor, mobil, barang pindahan, komputer, furniture, dan lain-lain.
telp. 021-47864044
HP 082199172152, pinBBM 74016eba
email ; damanik@nayakaexpress.com
website : http://goo.gl/jUCw4l

Sya mhn info terkait pengiriman barang HaPe, sya pesan HaPe harga promo yang sya dapat dari internet dan sya sudah beli dgn transfer uang ke rekening yg diberikan. Yg sya tanyakan apa benar barang yg sya pesan yg akan dikirim via bandara hang nadim harus disertai kuitansi sesuai harga toko, bukan harga promo. Kt p.Bambang petugas pengiriman brg di bandara katanya begitu? Trims infonya( sutar blora)

#Ask. andai kata barang tersebut di kirim fari jakarta seperti sparepart hp, namun suatu saat cabang lain membutuhkannya dan mengharuskan kita kirim keluar batam melalui jasa pengiriman. apakah ada solusi untuk hal tersebut? dan apabila untuk sparepart rusak dalam garansi juga harus kita kirim keluar batam dalam qty yg lumayan banyak. gimana caranya ya? terima kasih

Malam, saya disulteng palu. Mesen barang di batam. Tapi katanya orang jne yg dibatam saya harus bayar biaya asuransi sebesar harga barang yg saya kirim. Kebetulan harganya 3,8jt. Jadi saya disuruh transfer lagi 3,8jt tapi katanya akan dikembalikan pada waktu 20menit setelah pengiriman. Benarkah ada prosesur yang seperti itu di jne batam ? Soalnya katanya petugas yg nelfon tadi jne batam gitu proseanya ga kaya jne" dikota lain. Nah saya sering ngirim dan nerima barang ga ada pake prosuser kaya ginian, bantu jawab dong. Makasih

gak lah
aku juga broker hp KW dari batam.
harga barang belum termasuk ongkir keluar BATAM,
pajak 17,5% . asuransi 0.3% . packing 10.000 . trus biaya kirim tujuan berbeda.
klo hp kW harga 1.5 Jt.....ongkirnya 200-250 rbu

CV Lintas Armada Express siap bantu pengiriman batam-jakarta atau Batam ke berbagai kota di Indonesia, juga import door to door dari singapore. harga bersaing, informasi hubungi Bp Hamdan Lubis 0821-1203-3650 atau email laecargo@gmail.com

Klo biaya kirim mobil dri batam ke lampung brp ya kira2

Saya OLSHOP dari batam bingung kalo ada Costumer dari luar negeri seperti Singapore Asia dan US maunya si cari yang hemat karena cuma barang Tas wanita aja bagaimana ya klo ada yang tau comen ya ...trimakasih

Mas/Mba saya beli handphone di batam kata penjualnya sedang di proses di bandara kargo batam itu maksudnya gimana ya? tolong bantuannya:)

Ya mungkin masih posting loket, kan mbak Ira Anisa dapat no RESI pengiriman.
Bisa dilacak sendiri

Broker Hp Kw,
Siap melayani pembelian hp kw super.
Harga dibawah Rp 1.400.000,-
Harga sudah termasuk ongkos kirim
Agus susanto
081372032006
7c32e1a2
5D4D43EE

Sama spt dijelaskan dlm artikel pak. Saat barang masuk lgsg dilaporkan ke bea cukai. Namun dimengerti krn barang dagangan tdk pasti akn dikirim lg keluar Batam. Jd tetap kena pajak.
Utk barang rusak dan perlu dikirim utk perbaikan, asal betul rusak dan bisa menunjukkan kartu garansi, bisa tdk dipungut pajak.
Utk detailnya dan utkn pengiriman bisa kita bantu. Info saja ya pak.
Atau cek di www.lionexpressbatam.com

Mhn ijin melengkapi gan,
Selain info diatas...pajak elektronik 17,5%.
Utk sparepart n aksesoris pajak 27,5%
Kategori garmen spt baju, pajaknya 32,5%.
Pajak itu persen dr harga barangnya.

Utk barang pindahan pribadi bisa tdk kena pajak dgn melengkapi surat mutasi atau surat pindah.

Kami bisa membantu pengiriman dgn ongkos murah. Door to door. Barang kita jemput.
Kunjungi web kami Lion Express Batam

Malam mas/mba saya pesen hp dr batam dengan harga 4.2jt, dan kemudian pihak jne minta dana asuransi sebesar harga nilai barang. Apa bener prosedur jne di batam emang gitu ato cuma penipuan all

kalo anda membawa hp lebih dari 2 buah maka anda akan dikenakana pajak seperti diatas,klo punya API 2,5% klo gk punya 7,5 lebih jelasnya anda ke kantor bea cukai.

Maaf saya mau tanya
Kemaren kan saya habis beli kandang kucing 2 tingkat
Nah padahal sebentar lagi saya musti pindah lagi ke jogja buat kuliah
Apa bisa saya kirim kandang itu ke jogja?atau barang lain sperti sofa dll.
Kalo bisa tolong bantu keteranganya

Maaf saya mau tanya
Kemaren kan saya habis beli kandang kucing 2 tingkat
Nah padahal sebentar lagi saya musti pindah lagi ke jogja buat kuliah
Apa bisa saya kirim kandang itu ke jogja?atau barang lain sperti sofa dll.
Kalo bisa tolong bantu keteranganya

Bisa pak.
Hubungi saya ya..
Kita siap bantu.

Sanggam
WA. 081991177931

Gan,saya barusan beli hp dari batam diawal tidak dijelaskan kalo kita harus bayar biaya asuransi tetapi saat hari h nya dimana barang akan sampai seleranya telpon dan bilang kalo saya harus bayar biaya asuransi sebesar 1,2juta.dan biaya tersebut akan dikembalikan bersamaan dgn barang datang.benar begitu ga ya gan prosedurnya

Nggak begitu kok, asuransi nggak sampai jutaan. tipu tipu itu. coba cek langsung ke customer servis JNE atao tiki yg di batam.

Nggak begitu kok, asuransi nggak sampai jutaan. tipu tipu itu. coba cek langsung ke customer servis JNE atao tiki yg di batam.

Ada yg bisa bantu kirim hp dr batam ke jakarta dgn kuantiti besar ?
Email ya ririn.rea.rs@gmail.com trims

Ada yg bisa bantu kirim hp dr batam ke jakarta dgn kuantiti besar ?
Email ya ririn.rea.rs@gmail.com trims

Klo mo krim hewan dari Batam ke jakarta proses ny gmna???

Kalau mau bawa Tas kW ke Malaysia handcarry sendiri, ada masalah nggak di customs malaysianya gan?

http://batam-cargo.com mungkin bisa membantu anda.

Mau tanya mas misalkan bawa barang spaerpart bekas dari malaysia bea cukai di pelabuhan batam center kena bayar brpa ya,,

Saya juga mengalami itu? Itu bnar apa tidak ?

Saya kemarin beli barang dari batam katanya ada promo terus saya beli dengan harga 2juta tapi saya disuruh bayar bea dan cukai 4juta katanya uang saya nanti dikembalkan setelah sehari saya diminta lagi kirim 5jta untuk penggabungan bank dan disuruh tunggu sehari tapi tadi saya dihubungi lagi karena katanya barang saya sudah sampai di propinsi maka saya harus bayar bea dan cukai lagi sebesar 4juta ke JNE apa benar begitu prosedur pengiriman barang dari batam ke daerah lain sebagai info saya ada di NTT DISINI SAYA CANTUMKAN NOMOR PEMILIK TOKO +6285242985040 dan PIN BBM NYA D14D3E57 dan satu lagi yang mau saya tanyakan apa no resi dari JNE pembeli barang tidak boleh tau...... mohon infonya

No resi kalo dh resmi d proses oleh pihak jasa pengirim otomatis keluar alias ada no resinya.. nah no resi itu bukti barang kita dh d proses dan kita pun bisa ngecek online langsung... artinya no resi itu wajib d ketahui oleh pihak pembeli....

Kira kira kalo Bawa HP 10unitan Dari Batam Ke palembang Melalui Kuala Tungkal ,Bisa Gak Ya Gan ?

Kira kira kalo Bawa HP 10unitan Dari Batam Ke palembang Melalui Kuala Tungkal ,Bisa Gak Ya Gan ?

Siap membantu pak.
Cp : 082225893399
An : istiarman aji
Posisi saya di Batam

sy rencana mau beli mobil di batam,apa bisa keluar batam dgn menggunakan plat BP? dgn kode akhir Z, trus pajak yg harus sya bayar brpa seandaix harga mobil 100 jt?.trimakasih

Mohon info mas,kalo pembelian jumlah banyak tasnya,bisa dikirim pake apa?wilayah sumbar mas

saya beli sparepart/mata bubutdari jakarta, setelah diterima ternyata tidak bisa dipakai, saya mau retur ke tokonya di jakarta. Menurut JNE kena Pajak sekitar 20 - 30%, apa bener seperti itu..mohon infonya. Atau adakah agen lain yg bisa membantu saya mengirim kembali barang tersebut ke Jakarta tanpa ribet. Terimakasih

Email ke saya
Khoasen3@gmail.com

Artikelnya Bermanfaat gan,,, Cek di Sini juga Artikel terbaru dari Kami http://pejuanginternetterkini.blogspot.co.id/2016/11/tips-atau-cara-aman-kirim-barang.html

This comment has been removed by the author.

terima kasih tipsnya gan..
Sangat Bermanfaat,..
Saya berbagi kisah juga di Blog saya.. Silahkan di cek ya gan..
http://pejuanginternetterkini.blogspot.co.id/2016/11/tips-atau-cara-aman-kirim-barang.html

Mohon informasi nya, kasus saya juga sama.
Tetapi beda nomor Hp & Pin nya penjual..

Apakah Hp anda sudah di terima & uang sudah di kembalikan?

Bohong gan,barang keluar batam memang dikenakan ppn. Tapi kalau asuransi sebesar itu tidak mungkin. Hanya penipu yg mengaku tinggal di batam

Penipuan itu. Semua seller batam akan menagih biaya secara keseluruhan tidak sepotong-sepotong. Memang lebih mahal dari daerah lain karena batam daerah FTZ, jadi barang yang keluar batam harus membayar ppn. Tapi jumlahnya tidak sampai jutaan. Propinsi mana? Batam dan ibukota propinsi beda pulau kok, jalur ekspedisi laut ya langsung ke daerah tujuan (misal jakarta). Tidak akan mampir ke pulau lainya.

pengiriman barang batam, singapore, china
www.batam-cargo.com

Permisi gan.. Mohon infonya buat jasa pengiriman Elektronik (Handphone) Dalam Jumlah QUANTITY Dari Batam Ke Tangerang??

Wa:089626700145
Email:anisnasrudin1989@gmail.com

Jangan mau mas. Itu bentuk penopuan dari oknum petugas. Nannti uang ditransfer orangnya menghilang. Saya pernah kejadian begitu

Kenyataanya harga HP di batam tidak lebih murah dari yg di jakarta, cb bandingkan harga HP di tokopedia yg seller batam dan seller jakarta, malah lebh murah yg dari jakarta... sya merasa heran kenapa bisa begitu ya..
Terus kalau barang masuk ke batam kan gak kena pajak, tapi kalau masuk ke wilayah lain kan kena pajak, misal ke jakarta. Terus kalo kita yg di batam beli barang dari jakarta ( barang sudah kena pajak) di kirim ke batam dan dari batam mau kita kirim ke luar batam berarti double pajak jadinya ya...

Berapa lama kirim hp dr batam ke indramayu gan...

Kalo mau order tas dr batam pke sjnis JTR bs g ya.. Biar mangkas ongkir..

Gimana bisa order hp dari batam mas,pengen di jual di jakarta

Wa:085711063935

Solusi pengurusan barang import hubungi kami

www.pjncargi.com

Tpi barang bgmn gan terkirim ap tdk..

Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami di no : 087771708799

Pengiriman bisa dilakukan melalui Laut, Udara, Darat. Tergantung kuantitas barang seberapa banyak. Kami siap membantu. Iboth : 087771708799

Kami siap membantu pak.
Untuk info lebih detail, silahkan menghubungi saya di nomor : 087771708799

Assalamualaikum wr wb..
Gan infonya donk saya udah mendapat resi dari penjual yang menjual tas yang saya beli dari batam. Namun waktu resi saya chek ko paketan berhenti dan masih di batam sudah 5 hari? Itu kenapa kiranya. Apakah akan tetap sampai? Dan kira2 kapan sampai ditangan saya. Saya dari jawa tengah.

Kalau ngirim motor bisa GC pak

Slmt mlm semua om2,, mau nanya nih.. Kalau kt mau kirim sepeda Gunung uk 20 /BMX uk 18 dari batam ke jambi kira2 brp y biaya nya.. Terimakasih...

Ada yg bisa bantu untuk pengiriman hp dlm jumlah quantity dr batam ke medan? Trims

Mau tanya gan saya kan belanja di shoope nah paket saya itu udah sampai di gudang batam dari tgl 15 september 2018 kemarin... Tapi sampai hari ini masih belum ada pergerakan nya sama sekali... Barang saya masih disimpan di gudang batam belum dikirimkan ke padang... Kira kira berapa lama lagi saya harus nunggu sampai paket nya sampai?? Mohon solusinya gan??

Uda sampai kah barang anda gan? Saya juga bernasib sama.... barang saya sampai di gudang batam tgl 29 september... tp sekarang uda tgl 03 oktober masih di gudang batam, gak gerak2....

Selamt siang ,mau tanya dong,kami kan akan kirim barang elektronik sebert 120kg ke batam nah kalo misal kami akan kelurksan untuk dikirm ke natuna apakah terkena biaya lain?
mohon informasi

Assalamualaikum..
Selamat pagi..
Sy mau tanya sy bli hp harga yang miring 350rb, terus ongkir y k tmpt sy kt y 158rb, jd total uang sy tf 508rb,stlh 1 jam kemudian ad org btam kt nya bagian pengiriman barang, brg y hrs d slsaikn biaya jaminannya 1,5jt,emng ada ya biaya jminan kl pngirimn brng btam,kta y itu smntara aj, stlh 5mnit uang nya d tf lg,tp sy brsih keras ngk mau tf lg,cukup skli aj kna tipu,Pertanyaan sy apa itu mungkin brng y sampai k sy tnpa sy mau mbyr jminan nya ?? Tolong info yah..

gan mau nanya,kalau kita kerja di batam terus beli barang dari e-comerse luar negri kena cukai ga ya?

Maaf gan..mau tanya, bagai mna caranya mau ngirim motor dari batam ke padang.
Apa aja saratnya gan..Terima kasih..

Ikut numpang tanya gan, rencana mau pindahan ke jakarta. Pindah habis kita, bawa semua barang kaya kasur, kulkas, tv, mesin cuci dkk. Kira kira bisa pake jasa apa ya? Terus kena pajak ga bawa electronik keluar batam kaya kulkas tv?

Gan Saya Mau Ngirim Hp Harga 100 Ribu Nokia jadul Simbian tipe 3310 Untuk Orang Tua Di Kampung Apa Saya Harus Bayar 200 Ribu / Palah Lebih..?

Apa Saya Perlu Pakai Jurus Koboy Untuk Masalah Saya Ini . Ku Gulung aja Hp Itu Paki Seprei Baru
Biar Per Kilonya Saya Cuman Kena Rp.23.000 Rupiah..?

Iya saya juga beli hp di Batam, sudah kirim 1.2 juta, beli 2 dicicil, tapi katanya harus kirim dulu uang 1.7 dan nanti dibalikin lagi...katanya buat nota atau apa gitu di pengiriman, tapi saya takut penipu, jadi belum kirim,tapi kalo nipu uang DP yg sudah saya transfer hilang dong

Terus saya bilang aja saya punya sodara di Batam, mungkin bisa diwakilkan ngambil oleh sodara saya yg di Riau saya bilang gitu, tapi orangnya kekeh harus online katanya daftarnya online, jadi pengambilan harus online juga.,udah ga bener nich

Maaf Mau tanya , bisakah kirim sepeda gunung ke klaten Jawa tengah .kalau bisa biayanya berapa dan dimana ya ?

Kalau dapat kiriman dari luar negri nyampai ke batam dan dari batam ke jawa timur kira2 biaya brpa dan bgmna cara pembayarannya ..terimakasih

Kirim sepeda motor Batam ke jawa berapa pak

Brangnya di krim atau tidak

.. Iya sy jg beli hp. Hrgany 400 rb dan ongkirny 70.jd total 470. Stelah brngny sampai di JNE. Sy dpt telpon dr pihak JNE.ny katanya harus bayar uang asuransi gitu. Pertamanya sy dimintai 2.5 jt. Tp sy gak punya uang sgitu jd pihak JNE ny minta 700 rb. Dan katany uang asuransi. Ny itu smntara dan akan dikembalikan lg nntiny. Apa betul begitu prosedur. Ny yahh?? Mohon bantuannya

Maaf saya membeli hp dr batam..
Pa mmg pihak cargo meminta uang jaminan n akan dkembalikn lg

Kirim sepeda gunung ke Jawa tengah purwodadi.berapa ongkosnya pak Bu...terimaka ter

Penipuan itu.. uda banyak yg kena modus ky bgitu. Stelah di krm uang asuransi yg diminta barang melayang duit melayang. Be aware 🙏

Kalau belanja tas di Batam untuk di jual lg di luar Batam kira" kena pajak ga ya barangnya

Sama dengan yg daya alami. . Trus barang nya sampe ke rumah gak?

Trus kalo kita beli hp udh trnsfer. . Tiba2 pihak jne tlfon minta duit asura si. .
.
. Alasan diya klo gak trnsfr barang gak akan sampai. . .apakah betul. .
. .
. Mohon bantuanya.

Trus kalo kita beli hp udh trnsfer. . Tiba2 pihak jne tlfon minta duit asura si. .
.
. Alasan diya klo gak trnsfr barang gak akan sampai. . .apakah betul. .
. .
. Mohon bantuanya.

Sama dengan yg daya alami. . Trus barang nya sampe ke rumah gak?

Sekedar informasi... Kalau mba mau kita bantu untuk pengiriman barang belanjaan seperti elektronik, pakaian yang pada khususnya dikenai pajak saat pengiriman... Kita bisa bantu untuk pengiriman barang2 tersebut. Ini nomor saya 081365991376

Sekedar informasi... Kalau mba mau kita bantu untuk pengiriman barang belanjaan seperti elektronik, pakaian yang pada khususnya dikenai pajak saat pengiriman... Kita bisa bantu untuk pengiriman barang2 tersebut. Ini nomor saya 081365991376

Saya mau nanyak doang
Saya ada pesan handphone dari Batam untuk kirim ke Malaysia.
Tapi pihak bea cukai Batam meminta uang sampai berulang kali ya?
Apakah seperti itu pihak bea cukai?

Maaf mau ty kalau jasa pengiriman bahan pindaham kena pajak gak, kira2 ongkos angkut barang pindahan dr batam ke sumedang kena ongkos berapa

barusan saya kirim paket pakaian ke pekanbaru,dengan estimasi harga paket 1.035.000,namun di kenakan pajak senilai 580.000,lumayan mahalkan

Saya mau kirim hp ke bandung harga barang 6jt kira2 kena pajak brapa ya?

Kalau ngirim barang pribadi kena pajak juga ya mas/mba ?
Saya nggak bisa balik ke batam lagi, jadi rencananya mau di paketkan saja ke padang, bagi infonya mas/mba🙏

Kak klo mau kirim barang dari Batam ke Jawa timur gmna ya kak...apa bisa kak ?

This comment has been removed by the author.

Bg, untuk jasa ekspedisi barang elektronik seperti hp second bisanya lewat apa n berapa biayanya dari Batam ke Sulawesi Selatan. Mohon infonya tq 🙏🙏🙏

Barangnya tuk pemakaian pribadi bukan tuk diperjual belikan bg... Tolong infonya.🙏🙏🙏

Ngirim tv kenak bea cukai brp ya

Saya beli hp dari Batam 1,2juta terus ud saya transfer.terus pihak sana telpon lgi mintak.trnsper lgi 2juta.entar di kembalikan lgi ap benar'

Saya ada buka jasa
kantor logistik di Batam
Pengiriman dari Batam ke Jakarta
Atau
Pengiriman dari Batam
ke daerah mana aja
boleh hubungi email radenr897@gmail.com
Memang agak mahal apalagi kalo level ada baterai. tapi yang pasti terkirim dan harga wajar.

Post a Comment