Sekilas Tentang Batam

Kota Batam adalah salah satu kota di provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kota Batam merupakan sebuah pulau yang terletak sangat strategis karena terletak di jalur pelayaran internasional. Kota ini memiliki jarak yang dekat dengan Singapura dan Malaysia.

Komunikasi Media dan Entertainments

Perkembangan Telekomunikasi di Batam terbilang cukup pesat. berikut ini adalah beberapa media yang berada di batam.

Tempat Wisata Kota Batam

Pada tahun 2010 Kota Batam menggelar tahun kunjungan wisata bertajuk Visit Batam 2010 Experience it.

Tempat Penginapan Kota Batam

Ingin liburan ke Batam, ini referensi tempat penginapannya yang mungkin anda bisa coba dan pertimbangkan sesuai dengan keinginan anda

Cara Pengiriman Barang ke Luar Batam

Bagi anda yang bingung bagaimana cara mengirimkan barang ke atau luar batam, ini infonya

Tips Bertransaksi Online

Maraknya penipuan yang mengatas namakan kota batam dan sekitarnya membuat saya ingin memberikan beberapa tips dan info, bagaimana cara transaksi online di internet agar kita semua bebas dari penipuan.
1. liat seller ybs itu jualan harganya masuk akal gak?? klo jualan iphone 4G trus harganya 1,7 juta sekian itu mah bodoh banget klo sampe percaya, logika aja, pake logika, jangan mau tergiur dengan harga murah yg berujung penderitaan kepanjangan, stress, gila, bahkan serangan jantung mendadak ketika tau di tipu.

2. seller mengaku posisinya dibatam? liat dulu nomer hapenya, di nomer hape itu selalu ada kode area/daerah tempat didistribusikannya nomer hape provider tersebut. contohnya:
- IM3 selalu berawalan 085668XXXXXX, 085666XXXXX, 08566XXXXXX, 085776XXXXXX
- Simpati / halo : 081372XXXXXX, 081270XXXXX, 081170XXXX, 081270XXXXXX, 081177XXXX, dll
so, lebih baik cek baik2 yakinkan dulu, TANYA kepada teman2 dari batam, jangan mau di bodohi oleh ORANG2 DILUAR BATAM YANG BERNIAT NIPU MENGATASNAMAKAN BATAM!!

3. alamatnya dimana? "lucky plaza bos", lucky plaza mananya?? "tanya aja satpamnya", BASI!!!!!!! tanyain LUCKY PLAZA TUH DMN?? tempat apa? di sana ada apa aja? jangan mau percaya begitu saja!! uda basi penipu selalu bilang LUCKY PLAZA klo uda omongin BATAM!!! LUCKY PLAZA DAN NAGOYA!!
mau tau fakta??

4. klo penjual bilang lokasinya di Jl. sudirman, Jl. ahmad yani, Jl. cukimai, Jl. tarkul, Jl. prof. DR. ibnu chalis SE, M.Hum, bla bla bla, jangan percaya

5. ini nih yg paling sering bikin manusia terkecoh, terutama buyer2 sok tau dan tergiur dengan harga murah.

6. cek rekeningnya

7. Hilangkan bayanganmu kalo batam adalah surganya elektronik, di batam emank ada "surga elektronik" di nagoya hill mall, tapi jangan pernah anda bayangkan harga elektronik di batam miring semiring menara pisa

8. Batam itu kota bukan pulau kecil dan terbelakang seperti yang ada di bayangan and
batam terkenal dengan Jembatan Barelang, mempunyai tempat wisata yang bagus, tempat bermain dan tamasya yang indah, mall besar dan mewah, wanita2 cantik dan amoy2, klo mau IGO?? gak kalah juga, memiliki sebuah simpang 3 yang ada patung kuda putih dan banyak lagi yang bisa di temukan di batam selain daripada ELEKTRONIK DAN PENIPU!!!

9. selalu bertransaksi aman, cari FJB kaskus daripada seller face book yg gak jelas, karena di kaskus ada sesuatu yang bikin kita merasa aman ---> KASKUS

10. smoga bebas dari penipuan....

Cara Pengiriman Barang Keluar Batam

Bagaimana seh cara kirim barang keluar Batam, pajaknya berapa, trus prosesnya bagaimana?
saya akan memberikan info bagi anda yang ingin mengirim barang ke luar batam.

1. klo juragan bawa barang dari luar Batam (misal Jakarta) dan akan dibawa kembali ke Jakarta (ato daerah laen), maka pada saat nyampe di Batam (bandara Hang Nadim) langsung cari petugas bea cukai disitu.terus bilang "mau lapor pak.saya bawa barang dari Jakarta dan akan dibawa kembali".
nanti petugas akan kasih surat keterangan yg menyatakan bahwa barang tersebut benar berasal dari Jakarta. nah pada saat mau dibawa kembali ke
Jakarta,tinggal tunjukin aja surat itu ke petugas. asal barang yg dibawa cocok (jumlah,jenis,nomor serinya ato apalah) dgn yg ada di surat keterangan.

2.klo beli barang di Batam,seperti yg udah saya jelaskan sebelumnya,pungutan pajak didasarkan pada harga barang setelah dikurangi pembebasan. pembebasannya sebesar : 50 USD untuk barang kiriman pos ato jasa titipan lain (Tiki,Elteha,JNE,dll) dan 250 USD untuk barang bawaan penumpang.
tarif pajak yg dikenakan berbeda-beda untuk setiap jenis barang.misalnya untuk HaPe, Bea Masuknya 0%,PPN 10%,PPnBM 0% dan PPh 7,5%.jadi totalnya 17,5%(untuk hape aja ). dan yg perlu diingat,yg dikenakan pajak bukan hanya elektronik.

demikianlah yg dapat kami sampaikan.mohon maaf apabila ada salah-salah kata (kok kayak orang pidato )

semoga membantu gan
klo kurang jelas bisa tanya lagi,sepanjang saya tau jawabannya

Kode Pos Kota Batam

Kode Pos BATAM KOTA
1 SEI PANAS (Eks Bukit Jodoh) 29456
2 BELIAN 29464
3 TELUK TERING 29461
4 SUKAJADI 29462
5 BALOI PERMAI 29463
6 TAMAN BALOI (Pec. Baloi Permai) 29463

Kode Pos BATU AMPAR
7 KAMPUNG SERAYA 29454
8 BATU MERAH 29452
9 TG. SENGKUANG (Eks Bkt Senyum) 29451
10 SUNGAI JODOH 29453

Kode Pos BATU AJI
11 BUKIT TEMPAYAN (Pec. Tiban Asri) 29424
12 BULIANG (Pec. Tiban Asri) 29424
13 KIBING (Pec. Tiban Asri) 29424
14 TANJUNG UNCANG 29423

Kode Pos BELAKANG PADANG
15 SEKANAK RAYA (Pec. Blk.Padang) 29411
16 TG. SARI (Pec. Blk.Padang) 29411
17 KASU 29415
18 PECONG 29414
19 PEMPING 29412
20 PULAU TERONG 29415

Kode Pos BENGKONG

21 BENGKONG LAUT 29458
22 TG. BUNTUNG (Pec. Bengkong Laut) 29458
23 BENGKONG INDAH (Eks. Harapan Baru) 29455
24 SADAI (Eks. Bengkong Harapan) 29457

Kode Pos BULANG
25 PULAU BULUH 29471
26 BATU LEGONG 29474
27 BULANG LINTANG 29471
28 PANTAI GELAM 29473
29 TEMOYONG 29475
30 PULAU SETOKOK 29476

Kode Pos GALANG
31 AIR RAJA (Galang Baru) 29484
32 SUBANG MAS 29483
33 SEMBULANG 29481
34 SIJANTUNG 29485
35 REMPANG CATE 29482
36 KARAS 29486
37 GALANG BARU 29484
38 PULAU ABANG 29487

Kode Pos LUBUK BAJA
39 BATU SELICIN 29441
40 LUBUK BAJA KOTA 29444
41 BALOI INDAH (Eks. Pangkalan Petai) 29442
42 KAMPUNG PELITA 29443
43 TANJUNG UMA 29445

Kode Pos NONGSA
44 BATU BESAR 29466
45 SAMBAU 29466
46 NGENANG 29468
47 KABIL 29467

Kode Pos SAGULUNG
48 TEMBESI 29434
49 SEI LEKOP 29434
50 SEI BINTI 29434
51 SAGULUNG KOTA 29439
52 SEI LANGKAI 29434
53 SEI PELUNGGUT 29434

Kode Pos SEI BEDUK

54 TANJUNG PIAYU 29437
55 DURIANGKANG 29437
56 MANGSANG 29437
57 MUKA KUNING 29433

Kode Pos SEKUPANG

58 PATAM LESTARI 29427
59 SUNGAI HARAPAN 29421
60 TANJUNG PINGGIR 29428
61 TANJUNG RIAU 29422
62 TIBAN INDAH 29426
63 TIBAN LAMA 29425
64 TIBAN BARU 29425

Tempat Penginapan di Batam

hotel makmur raya komplek nagoya paradise centre blok k no.5 - 9,
kepulauan riau, indonesia
phone: (62-0778) 425671,425661
hotel laksana inn ji.*pembangunan iii,komplek polaris sakti blok b no.1 s/d 5, nagoya
batam,kepulauan riau, indonesia
phone: +62 - 778 458 482* -* 458 951,
fax*** : 456 150
email* :hotel.laksana@yahoo.com

lokasi
di pusat kota,supermarket,pasar elektronik,farfum dan swalaya

room type week day / end***

price** : 120,000 nett

standard b
standard
superrior
deluxe
super deluxe

*fasilitas: Lift,ac,hot water,lamuna cafe,coffe tiam,breakfast,taxi,

tarif melati, fasilitas hotel berbintang

romance hotel komplek dian centre blok b no.9 - 11
(belakang dc mall)
telp*** : (0778) 429787, 431848,432070
fax**** : (0778) 432070

hotel lion -
hotel standard komplek kwarta karsa blok n no.1-10
batam, indonesia
phone: 0778 - 455975 (hunting)
fax: 0778 - 427313

room rate:

Economy
standard
superior
deluxe a
deluxe b

facilitas*** : Ac, hot/cold water (shower/bathub),tv room service, restourant, billiard, sport, cafe, telephone/fax

sky view hotel komp. Palm spring business trade centre b1 no. 1-3
batam centre, indonesia
phone: (0778) 469001,469002,469003,469004
fax*** : (0778) 469005
room type :* standard, superior, deluxe
meeting room

san san hotel pasar baru blok 4
telp**** : (0778) 428333 ( hunting)
fax***** : (0778) 450696
nagoya batam

indomas hotel komplek jaya putra blok a no. 11 sei, jodoh
batam - indonesia
telp** : (0778) 454929
fax*** : (0778)*433527

hotel andi bengkong harapan 1
simpang empat lampu merah
telp : (0778) 423 578
fax**: (0778) 333499
batam island

batam star hotel komplek nagoya square blok c no. 66 - 68
batam island 29432
telp*** :* (0778) 456808, 456839

hotel merlin komplek regency park pelita
batam - indonesia
telp** : (0778) 427900, 450693
fax**** : (0778) 427384

hotel winsor square winsor suare no.12
batam - indonesia
telp** : (0778) 455293 (hunting)
fax*** : (0778) 429666

hotel istana batam komplek nagoya business centre blok vi no. 7 -8
nagoya batam - indonesia
telp** : (0778) 455259

hotel surya komplek nagoya point blok l no. 4-7,
batam - indonesia
telp** : (0778) 450001, 450333
fax*** :* (0778) 450333

hotel bahari komplek nagoya square blok d no.98 - 100
(belakang hotel good way)
telp** : (0778) 421911, 427857
fax*** : (0778) 428584

hotel sekawan komplek nagoya point blok jj no. 7,8,9
depan top 100 jodoh
pulau batam -* indonesia
telp** :*(0778) 458877,457231, 457493
fax**** : (0778) 453465*

hotel kundur komplek winsor square no.60
(belakang pasar puja bahari)
nagoya - batam
telp** :* (0778) 428777,427986
fax*** :* (0778) 424415

hotel fantasi komplek sakura ampan blok f4
batam - indonesia
telp* : (0778) 455 528

hotel djudju jalan imam bonjol, komplek bumi indah blok iv no.42 - 43 - 44
nagoya - batam
telp** : (0778) 428044 - 456371 - 457829

hotel yahoo batam jalan raden patah - komp. Kolekta b no. 1
batam -* indonesia
telp*** : (0778) 425281

wisma rajawali komplek polaris sakti blok b no. 09
telp** : 0778 - 458485
nagoya batam

hotel sinar bulan jalan pembangunan iii komplek polaris sakti blok a no. 9 - 10 - 11
batam
telp** : (0778) 458385 - 458558 (hunting)
fax**** : (0778) 456127

hotel nivila inn komplek nagoya city centre blok a no.12 - 13
batam island - indonesia
telp** : (0778) 421842

wisma jj inn komplek polaris sakti blok b no.05
nagoya batam - indonesia
telp** : (0778) 427598

hotel gloris komplek nagoya city centre blok i no.8
batam - indonesia
telp*** : (0778) 427555 (hunting), 426290
fax**** : (0778) 427969

hotel kenanga inn batam jl. Duyung, sei jodoh
batu ampar - batam
telp** :* (0778) 453565 - 429553
fax**** : (0778) 453482

hotel pelita terang jalan pelita i no.25
batam - indonesia
telp** : (0778) 458857, 424367
fax**** : (0778) 455711

penginapan nagoya inn komplek bumi indah blok iii no. 20
nagoya - batam
telp*** : (0778) 422919

hotel orion komplek nagoya garden phase 1 blok e no.1
nagoya - batam
telp** : (0778) 452312

hotel memory komplek nagoya business centre blok 1 no.30
pulau batam - indonesia
hotel telp***** :* (0778) 429695
karaoke telp :* (0778) 422712

hotel bali komplek kwarta karsa perdana
blok u no. 1* nagoya
telp***** : (62 - 778) 428638 - 428639 - 428640
fax******* : (62 - 778) 455692
batam islan - indonesia

new furama hotel nagoya business centre
blok vi no. 33 - 34 nagoya batam
telp* : +62 - 778 -455276, 455275, 455277
fax** : +62 - 778 - 455275

hotel sayang komplek sri jaya abadi blok e no. 1 - 2,
kota batam
telp*** : (0778) 450493 - 427064

hotel politan komplek pasar nagoya baru blok a no. 14 - 17
pulau batam - indonesia
telp**:* (0778) 428569,428570,428195
fax** :* (0778) 428195

hotel liberty komplek nagoya business centre blok iv no. 9
kota batam - indonesia
telp** : (0778) 454156, 429461

hotel intan jaya inn komp. Nagoya business centre blok 1 no. 14
kota batam - indonesia
telp** : (0778) 427498

hotel grand palace komplek nagoya business centre
blok 1 no. 37-40 kota batam - indonesia
telp*** : *(62-778) 432529 - 432530
fax***** :* (62-778) 452852
email* :* hotelgrandpalace@email.com

wisma sundi batam komp. Nagoya city centre
blok b no. 3 - 4
telp** : (0778) 421718
batam island - indonesia

hotel intan komplek penuin centre blok d no. 14 - 15
pulau batam - indonesia
telp*** : (0778) 423259, 423255

hotel gajah mada komp. Winsor square
blok b no. 82 nagoya - batam
telp*** : (0778) 451965

new star hotel komplek nagoya centre blok b no. 5 - 6
telp** : (0778) 428962 - 428963
batam - indonesia

grand nagoya 68 hotel jl. Lubuk baja 1, komplek srijaya abadi blok b 9,10,11,12
samping new berlian batam / r.m siang malam
telp*** : (0778) 452771
batam - indonesia*

hotel astro komplek baloi kusuma indah no. 1-2-3
(depan plaza top 100 penuin) penuin centre
telp.* +62 - 778 - 431891
fax.** +62 - 778 - 431892
batam island

hotel singapura komplek tanjung pantun blok u (ff) no. 10 -11 - 12
batam island - indonesia
telp** : (0778) 459842,459862,427660
fax**** : (0778) 459981

hotel permata jl. Raden patah - komp. Lucky permai no. 19 -20 - 21
nagoya - kota batam
telp** : (0778) 458987


Tempat Wisata Kuliner Batam

1. Seafood
Bila anda sekalian penghobi kuliner, seafood adalah salah satu pilihan yang menarik dan bisa di jadikan makanan favorit di batam ini. Sebagai anugrah alam daerah pulau yang di kelilingi lautan, batam punya ciri kas tersendiri dan merupakan keunggulan khas kota batam dan sekitarnya, dan ini jelas tidak akan di miliki oleh daerah lain tentunya.
Gonggong, yaitu sejenis siput yang kerangnya mempunyai cangkang yg besar serta keras namun inilah yang akan menambah eksotis kaskuser sekalian jika sampean memakannya. Gonggong merupakan salah satu makanan seafood yang paling banyak di gemari dan dicari oleh pelancong yg singgah ke pulau Batam ini. karena menurut kabar gonggong hanya ditemui di di daerah batam [kalau salah ya maafkan saya]
Dengan hasil makanan lautnya yang berlimpah limpah, maka makanan seafood bisa kalian nikmati dengan rasa khasnya tersendiri ditambah dengan pemandangan eksotisnya panorama lautan batam. Dari segi penyajiannyapun bisa menjadi daya tarik kaskuser sekalian, karena makanan seafood biasanya dipilih sendiri dan baru di olah di depan sampean . Mungkin cara ini sudah banyak dilakukan di daerah lain selain batam tentunya.

Mari makan makan, banyak pilihan tempat makanan seafood di batam salah satunya yang sudah tidak asing di telinga orang batam yaitu golden prawn, tempat yang strategis di pinggiran pantai bengkong laut batam. Coba deh kaskuser sekalian bayangkan makan seafood terus di suguhi pemandangan lautan owhhhh membuat naik pitam untuk meningkatkan selera makan tentunya.

Ini saya tambahkan tempat kuliner yang asyik banget buat di kunjungi:

-Simpang Rujak, jagung bakar
Lokasi : Atas terowongan sei panas
-Angkringan The peak (katanya udah ada bus-bus merah gitu)
Lokasi : Lurus terus dari simpang rujak sei panas (gak jauh kok)
-Tahu tek
Lokasi : depan lucky plaza, belakang toko buku 'me ceh sa' (klo gak salah kyk gini namanya, tapi ucapannya begitu gan)
-Es Teler
Lokasi : Saluyu, depan Bank Mandiri tiban
-Bakso Gunung
Lokasi : Depan Universitas Batam (UNIBA) di ruko gan
-Lamongan
Lokasi : Samping Pek Kong Keng Winsor
-Nasi uduk
Lokasi : Komplek Marina Park (pas depan Lamongan)
-Depan Pek Kong Keng Winsor (banyak gan)
Lokasi : Depan Pek Kong Keng Winsor
-Sop Kambing
Lokasi : Samping hotel 89, Samping Kek Pisang villa
-Nasi padang Sederhana
Lokasi : Winsor, samping kimia farma
-Bakso Ino
Lokasi : Winsor, samping kimia farma juga, tapi di pojok
-Winsor Food Court
Lokasi : Winsor, belakang kimia farma
-A1 Food Court
Lokasi : Belakang Lucky Plaza, depan billiard center
-Alun-alun (banyak makanan disana)
Lokasi : Halte Mega Mall

Tempat Wisata Belanja Batam


Tempat-tempat wisata Belanja:

* Komplek Nagoya
* Komplek Jodoh
* Mega Mall
* Nagoya Hill Mall
* Harbour Bay Mall
* Batam City Square(BCS) Mall
* Top 100 Penuin
* Diamond City(DC) Mall
* Lucky Plaza (Pusat penjualan HP)
* Mymart (Pusat penjualan Komputer)
* SP Plaza
* Panbil Mall
* Plaza Batamindo (terdapat di dalam Kawasan Industri Batamindo)
* Plaza Aviari
* Sagulung Mall
* Dll.

Tempat Wisata Pantai Batam

Tempat-tempat wisata di Batam:
* Jembatan Barelang (Ikon Kota Batam)
* Bekas kamp pengungsi Vietnam di pulau Galang
* Pantai Nongsa
* Pantai Melur
* Pantai Melayu (terdapat di Pulau Galang)
* Pantai Sekilak
* Pantai Mirota
* Pantai Seranggon
* Pantai Marina City
* Tanjung Pinggir (terdapat patung Dewi Kwan-Im raksasa)
* Berbagai resort berstandar internasional yang menyediakan fasilitas hotel, golf dll.